Herbal Holistik Murah Hati: KHASIAT TANAMAN PEGAGAN

Selasa, 11 Maret 2014

KHASIAT TANAMAN PEGAGAN

Pegagan atau Centella asiatica memiliki efek herbal tonikum, astrigent, immunomodulator, antiradang, diuretik, dan antiinfeksi.
Pegagan kaya antioksidan. Senyawa radikal bebas merupakan pencetus penyakit degeneratif seperti kanker, kencing manis, gangguan jantung, stroke, dan parkinson. Radikal bebas merusak sitokinin yang bertanggung jawab terhadap komunikasi antar sel dalam sistem imun. Antioksidan menyokong dan memperkuat kelangsungan sistem imun. Secara alami tubuh memproduksi antioksidan, namun kemampuan ini bisa menurun seiring penambahan umur.

Salah satu bahan alami kaya antioksidan adalah pegagan. Tanaman ini kaya kandungan karetenoid dan asiatikosida. Selain mengatasi radikal bebas, senyawa itu juga merangsang produksi enzim antioksidan alami dalam tubuh.
Pegagan (Sumber: Indonetwork)
Asiatikosida juga mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Otak sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif oleh radikal bebas karena kandungan asam lemak yang mudah teroksidasi sangat tinggi. Pantas bila pegagan disejajarkan dengan gingko biloba yang sohor sebagai suplemen otak.
Pegagan kaya khasiat. Pegagan dipakai untuk mengobati gangguan hati, demam, asma, bronkitis, radang mata, campak, hipertensi, disentri, cacingan, gangguan pencernaan, keputihan, bisul,  tuberkolosis, radang tenggorokan, melancarkan peredaran darah, gangguan saraf, dan menambah nafsu makan.

Redaksi Trubus. Herbal Indonesia Berkhasiat. Vol 8, dengan perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar