Herbal Holistik Murah Hati: FUNGSI MINYAK ZAITUN

Jumat, 11 Mei 2012

FUNGSI MINYAK ZAITUN

Minyak dan Buah Zaitun
Minyak Zaitun selain umumnya digunakan untuk kesehatan, ternyata masih ada sangat banyak kegunaan yang berharga, bukan saja menghemat uang, juga bisa memberikan kemudahan bagi kehidupan keluarga.

Tinggi rendahnya kwalitas minyak zaitun  berhubungan erat dengan jenis zaitun itu sendiri, bisa juga dikarenakan tempat asal produk, iklim, proses pengolahan dan metode penyimpanan, semua aspek itu bisa menampakkan keistimewaan yang berbeda.

Minyak zaitun merupakan salah satu pola makan yang selalu dipromosikan oleh lembaga  pangan di Mediterania, seiring gaya makan Mediterania yang semakin populer, minyak zaitun telah berperan sebagai promosi kesehatan yang paling diandalkan, juga telah diterima oleh kalangan luas. Fenomena pemasaran yang sukses bukan karena pengaruh kemasannya, melainkan memang benar ia mengandung nilai gizi tinggi dalam pengunaannya.

Studi penelitian mengenai nilai gizi minyak zaitun sudah sangat banyak, U.S.Food and Drug Administration (FDA) mengkonfirmasi bahwa setiap hari mengkonsumsi 23 gram minyak zaitun, secara efektif dapat mengurangi insiden penyakit jantung, juga bisa mengatur metabolisme tubuh, mengurangi pengentalan darah serta mengurangi resiko timbulnya tumor.

Asam lemak yang terkandung di dalamnya bersifat satuan yang tanpa titik jenuh, ia dapat meningkatkan kolesterol positif (HDL), menurunkan kolesterol negatif (LDL), juga membantu melancarkan pencernaan, mencegah batu empedu, meringankan tukak lambung. Minyak zaitun berkualitas unggul juga mengandung sejumlah besar antioksidan yang berfungsi melawan kanker, ia benar-benar sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
Enam kegunaan mujarab dari minyak zaitun

Selain untuk keperluan masakan seperti yang diketahui umum, minyak zaitun masih memiliki banyak bentuk penggunaan yang berharga, mulai dari perawatan pribadi, perbaikan dalam lingkungan keluarga atau terapi secara alami. Amerika Green Living Network (Daily Green) menawarkan sejumlah penggunaan mujarab dari minyak zaitun, bukan hanya bisa menghemat uang, juga bisa membawa lebih banyak kemudahan dalam kehidupan keluarga.

1. Merawat kulit:
minyak zaitun mengandung asam linolenat, berupa senyawa yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia dan dapat mencegah penguapan air pada tubuh. Ia dapat secara langsung dioleskan pada kulit atau dicampur ke air saat mandi, memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit.

2. Melembabkan rambut:
Gosokkan sedikit minyak zaitun pada rambut yamg kering dan kusut, akan membuat rambut lebih luwes; terutama pada musim dingin atau hari bercuaca lembab, minyak zaitun juga dapat mengurangi beberapa kerusakan pada rambut. Dapat pula menggunakan beberapa sendok minyak zaitun untuk memijat rambut, supaya minyak menyerap masuk lebih dalam ke kulit kepala serta akar rambut.

3. Merawat kucing kesayangan:
Ambil satu sendok minyak zaitun campurkan kedalam makanan kucing, dapat mencegah akumulasi rambut dalam lambung dan usus kucing, bersamaan juga bisa membuat bulu kucing lebih berkilau dan sehat. Dibandingkan dengan minyak anti kusut rambut yang terbuat dari minyak bumi, minyak zaitun mungkin lebih aman terhadap tubuh kucing.

4. Mengurangi dengkur:
sebelum tidur menghirup seteguk minyak zaitun dapat bantu melembabkan otot pada tenggorokan , mengurangi kemungkinan mendengkur. Ketika tenggorokan gatal juga boleh minum satu sendok minyak zaitun untuk meredam gejala tersebut.

5. Membersihkan perabotan dan merawat kulit sofa:
Gosokkan sedikit minyak zaitun pada perabotan rumah bisa mencegah tanda tanda  belang, korosi dan bintik noda. Minyak zaitun dicampur cairan lemon dengan perbandingan 2:1 dapat membuat meja di ruang kantor mengkilap seperti baru. Teknik ini juga sangat cocok untuk berbagai jenis perabotan yang terbuat dari kayu; tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada kain lembut, dengan mudah dapat membersihkan debu dan rusak gesekan. Ia juga dapat merawat produk kulit, misalnya gunakan minyak zaitun menggosok sarung tangan baseball, selang 30 menit kemudian baru bersihkan sisa minyak zaitun.

6. Mengatasi suara pintu yang tergesek atau risleting yang macet:
Banyak kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas, seperti bunyi derit engsel pada pintu atau risleting yang macet tidak bergerak, oleskan sedikit minyak zaitun kemudian dengan pelahan-lahan digerakkan supaya lancar

Cara Memilih Minyak Zaitun
Minyak zaitun sama dengan arak anggur, kwalitasnya bisa berbeda dikarenakan jenis, tempat asal produk, iklim, proses pemerasan dan metode penyimpanan. Minyak zaitun yang berkualitas tinggi tampak bening, berwarna hijau keemasan atau kuning keemasan, saat dicicipi rasanya hangat dan licin di mulut, ada sedikit pahit atau pedas; sebaliknya, minyak zaitun yang berkualitas rendah agak keruh, kurang bercahaya, warnanya tawar, mutu minyaknya encer, saat dicicipi rasanya hambar atau ber-aroma aneh.

Harga minyak zaitun tinggi karena pengolahan yang benar sehingga bisa mempertahankan lebih banyak gizi. Buah zaitun yang diolah melalui perasan dingin pertama menghasilkan minyak zaitun dengan kemurnian extra tinggi (extra virgin olive oil), aroma harumnya paling kental; melalui perasan dingin kedua menghasilkan minyak zaitun dengan kemurnian tinggi (virgin olive oil). Minyak zaitun yang beredar dipasaran adalah bertaraf umum (regular olive oil) atau taraf murni (pure olive oil). Ini adalah hasil olahan denga ekstraksi dan penyaringan kimia, sehingga kadar aroma dan gizinya agak kurang.

Yang harus diperhatikan ialah, minyak ampas (biji) zaitun (pomace olive oil) merupakan minyak bekas hasil olahan dengan memanfaatkan ampas bekas perasan ditambah dengan biji zaitun dan sari sayuran, minyak tersebut mengandung zat penyebab kanker “benzopyrene”, meskipun harganya rendah, namun sebaiknya jangan dibeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar