Herbal Holistik Murah Hati: Herbal Untuk Diabetes

Kamis, 16 Februari 2017

Herbal Untuk Diabetes

Kadar gula dalam darah penderita diabetes dapat dinormalkan kembali dengan berbagai usaha, misalnya menggunakan obat-obatan medis, diet herbal dan olahraga. Pada diet terapi herbal penderita dapat menggunakan berbagai macam pilihan, diantaranya brotowali, daun mimba, bawang putih, lidah buaya, sambiloto, kipait, yakon, kayu manis, daun kelor, dll.

Brotowali (Tinospora crispa)
Dalam khazanah jamu Indonesia, brotowali dikenal sebagai salah satu tanamn berkhasiat yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman brotowali mengandung zat alkaloid. Pada bagian akar dan batang tanaman brotowali ini mengandung zat damar lunak barberin, palmatin, pikroretin, glikosida, palmatin dan harsa.


Rebusan batangnya yang terasa sangat pahit biasa dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi gejala kencing manis.

Sambiloto (Andrographis paniculata)
Daun sambiloto memiliki beberapa kandungan baik didalamnya seperti laktone, andrographolide, deoxy-andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide dan homoandrographolide, serta kandungan flavonois, alkane, ketone dan aldehyde.

Menurut penelitian Munawara dkk dari Fakultas Farmasi UGM tahun 2004 bahwa rebusan daun sambiloto mampu menurunkan kadar glukosa darah tikus jantan.

Soedigdo dkk, ITB melalui percobaannya pada kelici menyatakan bahwa andrographolide dalam ekstrak sambiloto terbukti mempunyai efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah).
Minggawati, tahun 1990, Fakultas Farmasi, Universitas Widya Mandala, melalui percobaannya menyatakan bahwa campuran ekstrak sambiloto : kumis kucing = 7 : 3 yang diberikan secara oral mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kencing manis merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi nilai normal, akibat tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.

Daun Mimba (Azadirachta indica)
Daun Mimba memiliki rasa pahit, memiliki khasiat sebagai penurun panas (antipiretik) dan antirematik. Kandungan kimia daun mimba antara lain azachdirichtin, minyak gliserda, asam asetiloksituranoe, dan beberapa senyawa lain untuk mengobati diabetes mellitus, hepatitis, kanker, lever, eksim dan penambah nafsu makan. Daun Mimba juga mengandung bahan aktif flavonoida, triterpenoid, glokosida, dan senyawa antivirus.
Daun Mimba (Sumber gambar: wikimedia)
Berdasarkan penelitian, aktivitas hipoglikemik ekstrak daun mimba setingkat dengan glibenklamid. Glibenklamid merupakan bahan aktif yang berfungsi sebagai antidiabetes.

Bahan aktif ini banyak ditemukan dalam obat-obatan penurun kadar gula darah yang beredar di pasaran. Berdasarkan data itu, ekstrak daun mimba bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan mencegah atau menunda terjadinya diabetes mellitus. Bagian daun mimba juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami. Salah satu khasiat daunnya, yaitu sebagai penurun kadar gula darah.

Daun Sendok (Plantago mayor folium)
Kandungan kimia tanaman daun sendok pada seluruh bagian herba antara lain plantagin,aucubin, ursolic  cid, bethasitosterol, hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1, C, A dan kalium. Rhinantin,turunan dari naphazolin sebagaiandrenergik agent, menghilangkan nyeri urat. Kandungan pada biji daun sendok: planterolic acid,plantasan (dengan komposisi xylose, arabinose, galacturonic acid dan rhammose), protein adenine, choline, catalpol, dan asamlemak; palmitic acid, succinic acid, stearic acid, arachidic acid, linolenicacid dan lenoleic acid.

Tanaman Jombang (Taraxcum officinale folium)
Jombang adalah tanaman herba pendek, berbunga kuning dengan daun lebar mendatar dan tepinya berlekuk-lekuk. Bunganya merupakan sekumpulan bunga kecil yang tersusun pada satu tangkai bunga, yang merupakan ciri khas suku kenikir-kenikiran (Asteraceae). Tanaman ini tumbuh pesat dan liar di kawasan lereng gunung, lapangan maupun di pinggir jalan yang yang berhawa sejuk. Tanaman Jombang berasal dari Eropa dan Asia Barat namun telah tersebar ke banyak tempat, bahkan kadang-kadang mendominasi suatu padang terbuka. Tanaman Jombang dapat memperbanyak diri secara aseksual.

Seluruh bagian tanaman Jombang bermanfaat, mulai dari daun, batang hingga akarnya. Tanaman Jombang mempunyai rasa manis dan pahit. Sifat tanaman yang dingin ini berfungsi memperkuat hati (liver) dan lambung. Selain itu tanaman Jombang juga berfungsi sebagai anti biotik, anti radang, menghilangkan bengkak, menghancurkan sumbatan, peluruh kencing (diurentik kuat), membersihkan panas dan racun, serta meningkatkan produksi empedu.

Taraxacum officinale mengandung polisakarida dalam jumlah banyak utamanya fruktosa dan inulin, dalam jumlah sedikit pektin, peptin, resin dan musilago, dan berbgai flavonoid. Tiga jenis glikosida flovonoid yaitu luteolin 7-glukosida dan luteolin 7-diglukosida disolasi dari daun dan bunga daun Jombang (Cordatos, 1992). Tanaman jombang juga mengandung asam kafeat, asam kicorat, pollinastanol, taraksasterol, tarakserol, flavosanthin, lutein 5,6-epoksida, isorhamnetin 3,7-diglukosida, ixerin D, deepoksineosanthin, 11-beta,13-dihidrolaktusin (Taylor and Francais, 1999).




DIACARE HIU
Tanaman obat yang bermanfaat meringankan gejala kencing manis tersebut diatas pada prinsipnya bisa diolah secara tradisional yaitu direbus. Akan tetapi, sekarang telah tersedia obat herbal/ jamu  berbentuk kapsul yang praktis dan gampang diminum, yaitu DIACARE HIU. Produk ini diracik menggunakan tanaman obat berkhasiat dan pilihan. Proses produksi diawasi oleh tenaga ahli dan telah melalui berbagai uji laboratorium. Produk ini telah terdaftar di BPOM dengan nomor POM TR 133 369 361 dan mendapat sertifikasi halal dari MUI.


Banyak masyarakat yang telah mendapatkan manfaat dari produk ini. Produk ini telah tersedia di toko-toko herbal, toko jamu, apotek atau bisa menghubungi kami di 085729972896 untuk pemesanan produk DIACARE HIU, Insya Allah bermanfaat membantu meringankan gejala kencing manis, dll dari Produsen Herbal Indo Utama.

Referensi:
caramengobatidiabetes.org
aguskrisnoblog.wordpress.com
http://jombangoke.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar