Herbal Holistik Murah Hati: Asal dan Distribusi Tanaman Jahe

Selasa, 03 Februari 2015

Asal dan Distribusi Tanaman Jahe

Asal dan Distribusi Tanaman Jahe (Zingeber officinale Rosc.)
Tanaman jahe merupakan tanaman kuno yang mungkin berasal dari daerah sekitar Asia dan India bagian selatan.. Manfaat rimpang (rhizome) jahe sebagai bahan obat-obatan sudah lama dikenal di China berdasarkan prasasti berbahasa Sansekerta.

Jahe sudah digunakan sejak abad IX oleh orang-orang Eropa sebagai tanaman rempah-rempah yang dibutuhkan, karena iklim di Benua Eropa tersebut sangat dingin (di bawah 0 derajat C). Sekarang tanaman ini digunakan dalam bidang yang lebih luas, misalnya sebagai bahan penyedap makanan, campuran obat tradisional, bahan kosmetika, minuman serta gula-gula. Rimpang jahe dipergunakan untuk mengobati beberapa penyakit atau kelemahan jasmani. Misalnya untuk obat demam, batuk, dan sakit perut. Manfaat jahe dalam metabolisme tubuh antara lain meningkatkan nafsu makan, memperlancar pencernaan makanan, obat reumatik, mencegah malaria, dan anti racun.
Tanaman Jahe Dalam Karung

Diperkirakan terdapat 47 genus dengan 1.400 spesies tanaman dalam golongan jahe-jahean ini. Pada umumnya merupakan tanaman herba tropik yang sesuai tumbuh pada lahan dataran rendah. Tanaman jahe diambil rimpangnya, yang tumbuh bergerombol pada pangkal batangnya. RImpang itu berdaging dan mengeluarkan akar.

Ashari, Semeru. 1995. Hortikultura Aspek Budidaya. Jakarta, UI Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar