Herbal Holistik Murah Hati: Herbal Untuk Asma

Kamis, 27 Februari 2014

Herbal Untuk Asma

Asma merupakan penyakti yang banyak diderita oleh masyarakat. Berbagai model pengobatan baik tradisional maupun modern dapat menjadi alternatif pengobatan. Berikut kami paparkan beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan untuk terapi penyakit asma.


Jintan Hitam (Nigella sativa)
Biji Habbatussauda

Jintan hitam atau Al-habbtussauda', dari khalid bin Sa'ad dia berkata: Kami pernah bepergian yang diantaranya terdapat Ghalib bin abjar, ditengah jalan ia jatuh sakit, ketika sampai di Madinah ia masih menderita sakit, lalu Ibnu Abu 'Atiq menjengunya dan berkata kepada kami; 'Hendaknya kalian memberinya habbatussauda' (jintan hitam), ambillah lima atau tujuh biji, lalau tumbuklah hingga halus setelah itu teteskanlah di hidungnya disertai tetesan minyak di sebelah sini dan sebelah sini, karena sesunggunya 'Aisyah pernah menceitakan kepadaku bahwa dia mendengar Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda; ' Sesungguhnya habbatussauda ini adalah obat dari segala penyakit kecuali saam. 'Aku bertanya, 'apakah saam itu?' beliau menjawa. 'kematian' (HR Bukhari).
Ibnu Qoyyim mengatakan bahwa jintan hitam bersifat menghilangkan gas, mengobati demam ad-rib'i (demam yang berulang setiap 4 hari) yang disertai batuk berdahak dan sejenisnya, membuka sumbatan dan mengusir angin. Ia bersifat membersihkan, memotong, dan mengurai. Bila uapnya dihirup berkhasiat mengatasi pilek. Dr. Peter Schleicher, imunolog asal Munich, Jerman mengatakan bahwa jintan hitam terbukti memiliki efek anti histamine, anti oksidan, anti mikotik, ddan efek bronchodilating (melegakan saluran bronchus).
Penggunaan jintan hitam untuk asma cara membalurkan minyaknya yang diencerkan dengan minyak zaitun, sebanyak satu banding lima di dada dan punggung. Selain itu dapat juga menghirup uap minyak jintan hitam pada pagi dan sore hari, serta menggunakan seperempat sendok teh minyaknya yang ditempatkan di bawah lidah.

Senggugu (Clerodendron serratum)
Tanaman dan bunga senggugu

Senggugu banyak digunakan sebagai obat gurah (Su'uth) untuk menjernihkan suara dan mengeluarkan lendir dari tenggorokan, yaitu kuli akarnya ditumbuk dan diseduh dengan air, kemudian diteteskan pada hidung. Sementara daun senggugu berasa pahit, pedas, dan sejuk. Daun senggugu banyak mengandung kalium,sedikit natrium, alkaloid, dan flavanoid flavon. Kulit batangnya mengandung senyawa triterpenoid, asam oleanolat, asam queretaroat, dan asamserratogenat. Sedangkan kulit akat mengandung glikosida fenol, menitol, dan sitosterol.
Untuk terapi asma dapat menggunakan 10 gram akarnya yang diris tipis-tipis lalu diseduh dengan secangkir air panas. Diminum setelah dingin.

Kemukus (Kubabah)
Biji kemukus

Kemukus mengandung saponin dan flavanoida, disamping minya astiri. buah kemukus berkhasiat sebagai obat essak napas, penghangat badan, dan penghilang bau mulut. Untuk mengobati sesak napas gunakan sekitar 15 gram serbuk biji kemukus, diseduh dengan 1 gelas air panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan ditambah 1 sendok makan madu, diaduk sampai rata, kemudian diminum sekaligus pagi dan sore.

Tabloid Bekam Edisi 13/ Th 3/ 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar