Herbal Holistik Murah Hati: Kandungan Kimia Buah Merah

Jumat, 21 Februari 2014

Kandungan Kimia Buah Merah

Menurut Drs. I Made Budi, buah merah mengandung zat-zat alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme. Diantara kandungan-kandungan tersebut adalah kartenoid, betakaroten, alfa tokoferol, asam oleat, asam linoleat, dekanoat, serta omega 3 dan omega 9 yang berperan sebagai senyawa antiradikal bebas.

Beta Karoten
Beta-karoten dikenal sebagai pro vitamin A, karena merupakan salah satu prekusor terpenting untuk pembentukan vitamin A. Beta-karoten akan dikonversi menjadi vitamin A dengan bantuan enzim yang selanjutnya akan dioksidasi menjadi senyawa aldehid all trans retinal.
Beta-karoten adalah senyawa alami yang berfungsi untuk menyembuhkan kanker, mengatasi stroke, dan sakit jantung koroner. Beta-karoten juga bisa untuk menhambat pembuluh arteri sehingga darah bisa mengalir dengan lancar dari jantung ke otak dan juga berinteraksi dengan protein antibodi ganda. Buah merah dapat menetralisir radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Tokoferol
Tokoferol (vitamin E) selama ini hanya dikenal sebagai obat awet muda dan untuk menambah kecantikan atau ketampanan. Padahal tokoferol juga mempunyai fungsi yang hampir sama seperti beta-karoten, yaitu mencegah penyakit degeneratif. Perbaikan sistem kekebalan tubuh dapat diatasi dengan adanya tokoferol, sel limfosit, dan mononuklear di dalam tubuh sehingga akan dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas. Tokoferol mampu mengatasi pembentukan karsinogen, atau menghambat karsinogen sel sasaran sehingga akan menghambat kanker.

Asam Lemak Tak Jenuh
Buah merah juga mengandung omega 9 dan omega 3 dalam dosis tinggi. Sebagai asam lemak tak jenuh, buah merah dapat mudah dicerna dan diserap tubuh, sehingga dapat memperlancar proses metabolisme. Lancarnya proses metabolisme ini sangat membantu proses penyembuhan penyakit. Tubuh yang mendapat asupan protein akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
Asam lemak yang terkandung dalam buah merah merupakan antibiotik dan antivirus. Asam lemak aktif akan melemahkan dan meluruhkan membran lipida virus serta mematikannya. Asam lemak lainnya:
  • Asam oleat, melindungi tubuh dengan cara mengontrol kadar kolesterol LDL, dan HDL, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Asam linoleik, dapat mencegah tumbuhnya tumor.
  • Asam linoleat mencegah pembekuan darah dan tekanan darah tinggi.

(2011. Muhammad, As'adi. Sarang Semut dan Buah Merah Pembasmi Ragam Penyakit Ganas. Yogyakarta: Penerbit Laksana, dengan sedikit perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar