Herbal Holistik Murah Hati: MENGENAL JAMUR TIRAM & KHASIATNYA

Selasa, 01 September 2015

MENGENAL JAMUR TIRAM & KHASIATNYA

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan jamur pangan dari kelompok basidiomycota dan termasuk kelas homobasidiomycetes. Dengan ciri-ciri secara umum tubuh jamur buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran atau lingkaran penuh mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.



Jamur Tiram (Sumber:marjanhati)

Jamur tiram yang biasa dijadikan sebagai bahan makanan selain mengandung protein, vitamin dan mineral yang cukup banyak juga memiliki kandungan jenis asam amino esensial yang lengkap. Terdapat sembilan jenis asam amino yang diketahui terkandung pada jamur tiram, yaitu lysine, methionin, trypthofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin.
Vitamin yang terkandung pada jamur tiram adalah :  B1 (thiamin), B2 (ribovlafin), niasin dan biotin. Sedangkan untuk mineralnya jamur tiram mengandung kalium, pospor, ferrum, calsium, natrium, magnesium, cuprom dan lain-lain. Keunggulan lain dari jamur tiram adalah tergolong ke dalam makanan atau penganan yang sehat karena bebas dari pestisida, pupuk dan bahan-bahan kimia lainnya.

MANFAAT DAN KHASIAT
Jamur tiram aman untuk dikonsumsi setiap hari karena kandungan kalorinya rendah serta banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Secara garis besar, khasiat jamur tiram adalah berfungsi menekan kolesterol jahat di dalam darah, mengurangi kelebihan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan metabolisme tubuh.
Jamur tiram memiliki manfaat khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes dan anemia. Di samping itu, juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan, antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), antijamur, antibakteri, melawan atau menurunkan kolesterol serta bertindak sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. (Sumber:resepmasakankreatif.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar