Herbal Holistik Murah Hati: Likopen dan Tomat

Kamis, 09 Februari 2017

Likopen dan Tomat


Lycopene adalah pigmen karotenoid, yaitu fitokimia yang terdapat dalam buah atau sayuran. Likopen adalah karotenoid yang paling umum di dalam tubuh manusia. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat yang bisa ditemukan dalam beberapa buah buahan dan sayuran yang berwarna merah seperti jeruk bali, semangka ,tomat, dan pepaya.

Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal bebas dari sisa metabolisma dapat menyebabkan kerusakan sel yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.


Pada tubuh manusia sudah terdapat Likopen (Lykopene), dan hal tersebut  merupakan pigmen merah terang yang secara alami terdapat dalam hati kita, serum (darah), kelenjar adrenal, paru-paru, prostat, usus, dan kulit.

Fungsi dan Manfaat Likopen (Lykopene)
Likopen mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Likopen dapat mencegah bahaya radikal bebas yang merupakan limbah dari hasil metabolisme tubuh karena merupakan senyawa antioksidan. Radikal bebas dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit karena merusak sel-sel. Adanya antioksidan efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga ketebalan dan fluiditas membran sel.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi  makanan seperti tersebut diatas yang kaya likopen dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Likopen secara khusus dapat mencegah berbagai jenis kanker dan beberapa penyakit lainnya seperti penyakit jantung, ketidak suburan, penyakit diabetes. Selain itu likopen juga dapat Mencegah penyakit yang terkait dengan usia atau penyakit degeneratif seperti degenerasi makula dan katarak, mencegah gajala penuaan pada kulit dan menjaganya sehingga terlihat lebih muda, serta menceegah terjadinya Osteoporosis atau tulang keropos.

Likopen bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena berpotensi mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung. Likopen juga bermanfaat mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit. Likopen dikenal ampuh mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV (ultraviolet) dari cahaya matahari dan telah digunakan pada beberapa produk perawatan kulit.

Jeni Jenis Makanan Sebagai Sumber Likopen (Lykopene)
Para pakar menyebutkan bahwa tomat merupakan sumber terbaik dari likopen ini, hampir 80% dari buah tomat merupakan kandungan atau kadar likopen. Selain itu, meski tida semua makanan berwarna merah mengandung likopen, akan tetapi kebanyakan dari mereka mengandung likopen. Begitu juga sebaliknya, buah buahan atau sayuran yang mengandung likopen juga tidak harus berwarna merah, ada beberapa jenis makanan mengandung likopen justru berwarna hijau.

Tomat banyak mengandung likopen, sumber: http://cdn.modernfarmer.com/wp-content/uploads/2015/12/hydrotomato.jpg


Dosis Dan Efek Samping Likopen (Lykopene)
Berbicara tentang manfaat likopen, hal itu sudah jelas, bahwa likopen memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Akan tetapi mengenaik dampak atau efek samping dari mengkonsumsi likopen sampai saat ini belum ada laporan mengenai hal tersebut, terkecuali pada seseorang yang ada dalam kondisi tertentu seperti sedang menyusui dan memiliki penyakit. Oleh karenanya, kita tetap dianjurkan untuk menggunakan Likopen sesuai dengan dosis yang direkomendasikan dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berapakah dosis Likopen yang harus kita konsumsi?. Mengenai berapa banyak likopen atau dosis yang harus kita konsumsi semuanya tergantung pada usia, meski sampai saat ini beberapa sumber menyebutkan bahwa tidak ada infeormasi ilmiah yang menyebutkan seberapa besar dosis likopen yang harus kita konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar