Herbal Holistik Murah Hati: Mengenal Grade Kualitas Minyak Zaitun

Rabu, 02 September 2015

Mengenal Grade Kualitas Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah masyhur dikalangan masyarakat sebagai minyak yang lebih mahal dari minyak goreng biasa, karena minya zaitun selain bisa digunakan untuk memasak bisa juga dikonsumsi secara langsung untuk menjaga kesehatan. Untuk memperoleh khasiat yang maksimal dari minyak zaitun, perlu diketahui tingkatan kualitas minyak zaitun dilihat dari cara produksinya. Di pasaran terdapat minyak zaitun dengan label Extra Virgin Olive Oil, Virgin Olive Oil, Pure Olive Oil, Extract dan Refine Olive Oil, Extra Light dan Light Olive Oil, dan Pomace Olive Oil. Apakah arti label tersebut?

Extra Virgin Olive Oil
Extra Virgin Olive Oil dihasilkan dari proses ekstrak atau pemerasan pertama melalui proses cold press (perasan dingin) sehingga buah zaitun tidak mengalami proses pemanasan. Buah zaitun yang digunakan juga buah zaitun yang berkualitas. Mengandung vitamin dan mineral yang lengkap. Kadar keasamannya kurang dari 0.8% . Extra Virgin Olive Oil diproduksi tanpa penambahan bahan kimia. Aroma dan citarasanya istimewa. Merupakan minyak zaitun Grade A.

Jika dimasukkan ke dalam lemari es, Extra Virgin Olive Oil tidak berubah fisiknya. Tidak terbentuk lapisan-lapisan minyak. Biasanya Extra Virgin Olive Oil  ini menggunakan botol kaca berwarna gelap.
Minyak ini bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, atau dicelupkan pada roti secara langsung. Bisa juga dikonsumsi secara langsung untuk terapi kesehatan.

Contoh Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil, Sumber: Bonappetit

Virgin Olive Oil
Masih sama prosesnya dengan Extra Virgin Olive Oil, yaitu perasan dingin, tetapi Virgin Olive Oil merupakan perasan kedua. Sehingga tingkat keasamannya lebih tinggi dari Extra Virgin Olive Oil, yaitu kurang dari 2%. Rasanya bagus, bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, atau dikonsumsi secara langsung.
Virgin Olive Oil biasanya dikemas menggunakan botol kaca.

Pure Olive Oil
Pure Olive Oil merupakan minyak aitun yang diperoleh dari hasil penyulingan. Dibandingkan dengan Extra Virgin Olive Oil kandungan nutrisinya lebih rendah. Untuk memperkuat citarasanya minya zaitun jenis perasan kedua atau Virgin Olive Oil ditambahkan.
Minyak zaitun Pure Olive Oil dapat digunakan untuk memasak atau dikonsumsi secara langsung. Harganya lebih murah dibandingkan dengan Extra Virgin Olive Oil.
Pure olive oil dan extra light adalah campuran virgin olive oil dan refined olive oil, namun dengan komposisi berbeda. Biasanya dikemas dengan botol kaca.
Minyak ini merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil, mengandung sedikit vitamin E, tingkat keasamannya kurang dari 2%, kandungan nutrisinya lebih rendah, harganya pun lebih murah.
Tidak cocok bila digunakan untuk salad dressing, tapi lebih cocok jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.


Extract Dan Refined Olive Oil
Walaupun dihasilkan dari perasan pertama, namun jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia. Untuk memperkuat rasa minyak, Minyak zaitun jenis Virgin ditambahkan ke dalamnya.
Refined olive oil adalah minyak zaitun yang diberi perlakuan kimiawi untuk memperbaiki kualitasnya yang kurang bagus. Zat kimia ditambahkan untuk menetralkan rasanya yang kuat dan kadar keasamannya yang tinggi.

Extra Light Dan Light Olive Oil
Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil pemurnian dari hasil ekstrak atau perasan minyak zaitun yang berkualitas rendah. Aromanya tidak setajam aroma minyak zaitun jenis Extra Virgin Olive Oil dan Virgin Olive Oil. Harga yang dibanderol untuk kedua jenis minyak ini cukup murah. Kualitas kedua jenis minyak ini pun berbeda-beda, dapat dikenali berdasarkan perbedaan aroma, rasa dan warna.
Jumlah kalori dan lemak yang terkandung sama dengan semua minyak zaitun. Kualitas dari minyak zaitun jenis lite olive oil ini rendah.

Pomace Olive Oil
Pomace Olive Oil diproses dari residu/ sisa perasan kedua buah zaitun dengan proses kimiawi dan ditambahkan minyak Virgin Olive Oil. Biasanya diproses kembali untuk bahan baku kosmetik, shampoo, sabun, atau lainnya.
Dicampur dengan berbagai variasi jumlah virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen. Biasanya digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.
Dari Berbagai Sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar