Herbal Holistik Murah Hati: MINYAK ZAITUN MENURUNKAN KADAR GULA DARAH

Kamis, 03 September 2015

MINYAK ZAITUN MENURUNKAN KADAR GULA DARAH

Minyak zaitun banyak sekali manfaatnya, baik untuk pemakaian luar maupun pemakaian dalam tubuh. Bahkan minyak zaitun juga dapat digunakan untuk memelihara atau merawat perabot rumah tangga, seperti pada pembahasan mengenai minyak zaitun sebelumnya. Pada artikel kali ini secara khusus akan membahas minyak zaitun untuk menurunkan kadar gula darah.
Minyak zaitun banyak mengandung MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) yaitu asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat. Asam lemak tak jenuh tunggal diketahui dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit yang terkait dengan masalah cardiovascular, seperti penyakit jantung. Selain itu, minyak zaitun juga diketahui dapat untuk membantu menormalkan kadar gula dalam darah.
Kemampuan minyak zaitun untuk menormalkan kadar gula darah merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit diabetes karena orang yang menderita diabetes akan kesulitan untuk menurunkan kadar gula darah, disebabkan kekurangan hormon insulin atau menurunnya kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin.

Kadar Glukosa Dalam Darah
Glukosa adalah sebuah bentuk gula yang diperlukan oleh seluruh bagian tubuh kita untuk memproduksi energi, terutama di jaringan otak kita. Sumber utama glukosa adalah karbohidrat yang dibawa di dalam darah dan sampai kepada sel-sel tubuh dengan bantuan hormon insulin.
Pada orang yang menderita diabetes, proses tersebut tidak berjalan secara normal. Hal itu dikarenakan kadar insulin yang dikeluarkan oleh tubuh mereka kurang, atau memang tubuh mereka sudah tidak responsif terhadap insulin, sehingga glukosa tidak terserap dengan baik. Sehingga penderita diabetes akan mengalami mood yang memburuk dan badan dapat menjadi lemas. Kadar glukosa yang terlalu tinggi pun akan dapat menjadi racun bagi tubuh dan berbagai jaringan di dalam tubuh, terutama jaringan syaraf dan pembuluh darah.
Glukometer, alat pengukur kadar gula darah (Sumber: dietsempurna)

Olive Oil / Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah sebuah minyak yang kaya akan asam oleat, asam palmeat, flavanoid dan juga anti oksidan seperti vitamin E, karotenoid dan juga oleuropein. Oleuropein inilah yang akan membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).
Extra Virgin Olive Oil (EVOO) yang merupakan jenis minyak zaitun terbaik, mengandung lebih banyak asam oleat dan berbagai nutrien lainnya dibandingkan dengan jenis minyak zaitun yang lainnya. Extra Virgin Olive Oil juga mengandung lebih banyak polifenol yang dapat membantu untuk menjaga kadarglukosa di dalam darah.

Efek Minyak Zaitun Pada Kadar Glukosa
Minyak Zaitun membantu untuk menstabilkan kadar glukosa di dalam darah dengan cara memperlambat proses pencernaan di dalam perut, yang membantu supaya glukosa terdistribusi dengan lebih merata di dalam darah. Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar gula darah sampai ke tahap di mana penderita tidak memerlukan suntikan insulin kembali. Dapat disimpulkan bahwa minyak zaitun merupakan supleman yang sesuai dengan kebutuhan tubuh penerita diabetes.

Manfaat Lain Dari Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga dapat mencegah komplikasi diabetes seperti stroke dan serangan jantung. Manfaat tambahan tersebut dapat menjadi sebuah nilai tambah bagi Anda yang ingin mencoba untuk memanfaatkan minyak penuh khasiat dari pohon multi manfaat ini.

Rekomendasi Untuk Anda
Belilah minyak zaitun dengan kualitas tertinggi yang mampu Anda beli, lebih baik lagi jika membeli Extra Virgin Olive Oil (Minyak Zaitun Perasan Pertama) yang paling sedikit mengalami proses produksi. Ciri utama dari minyak zaitun jenis ini adalah warnanya yang kuning-emas. Coba untuk menambahkan 1-3 sendok teh minyak zaitun ke dalam makanan Anda. Atau baca artikel mengenai grade kualitas minyak zaitun selengkapnya disini.
(Sumber: Doktersehat, dengan perubahan seperlunya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar